Oktober 8, 2016
[Event] Promosi Filantropi melalui “Public Corner”
Media televisi dianggap sebagai sarana yang efektif dalam mempromosikan filantropi kepada publik. Pemanfaatan media televisi membuat filantropi mudah tersebar luas dalam waktu yang relatif cepat. Keunggulan media televisi ini dimanfaatkan PFI untuk mengedukasi masyarakat mengenai nilai-nilai dan perkembangan filantropi di Indonesia. Bekerja sama dengan Yayasan Sukma, PFI membuat program promosi dan edukasi filantropi kepada publik yang dikemas dalam program “Publik Corner”. Selain memperkenalkan PFI kepada publik, acara ini juga juga memetakan masalah-masalah filantropi di Indonesia dan juga mengangkat tema-tema kegiatan yang sedang dilakukan oleh para anggota PFI.
Program ini ditayangan secara rutin seminggu di Metro TV ini diisi dengan talk show atau diskusi seputar berbagai isu dan tema yang berkaitan dengan filantropi. Beberapa tema yang pernah diangkat, diantaranya Filantropi dan Bencana, religous filantropi , filantropi dan selebriti, diaspora filantropi, dan lain-lain. Acara Public Corner ini menghadirkan pembicara dari kalangan praktisi dan pemerhati filantropi yang sebagian besar berasal dari anggota PFI. Acara dirancang secara live dan interaktif di mana pemirsa punya kesempatan untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan dari nara sumber. Dalam kurun waktu 2009-2011. Sebanyak 33 episode telah disiarkan dan melibatkan kurang lebih 50 lembaga dan 10 perusahaan dengan 60 lebih nara sumber.
Sayangnya, Kerjasama ini terhenti pada tahun 2012 karena perubahan prioritas tayangan programTV oleh pihak Metro TV. PFI perlu melakukan penjajakan kembali atau menawarkan program serupa kepada stasiun TV lainnya seperti Kompas TV, Tempo TV, TV One atau yang punya concern terhadap perkembangan Filantropi di Indonesia.