Filantropi Indonesia
Directory
  • Tentang Kami
  • Keanggotaan
  • Program
  • Khazanah
  • Kabar
  • Event
  • IDID
  • ENEN
  • Tentang Kami
  • Keanggotaan
  • Program
  • Khazanah
  • Kabar
  • Event
  • IDID
  • ENEN

Tentang Kami

LIHAT MENU
  • Sejarah
  • Visi Misi & Prinsip
  • Susunan Organisasi
  • FAQ
  • Karir
  • Kontak

Sejarah Filantropi Indonesia

Lahirnya Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) berawal dari prakarsa sejumlah individu dan lembaga/organisasi nirlaba yang sejak tahun 2003 merintis jaringan Prakarsa Penguatan Filantropi di Indonesia, dan telah sepakat untuk melanjutkan dan melembagakan kegiatan bersama mereka dalam suatu wadah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan mandiri.

Tahun 2016, PFI melakukan perubahan terhadap brand organisasi menjadi ‘Filantropi Indonesia’. Hal ini untuk menghindari persepsi negatif yang ada mengenai perhimpunan atau paguyuban, serta mempermudah dan mempersingkat penyebutan nama. Logo Filantropi Indonesia yang baru menggambarkan relasi di antara tiga aktor filantropi di Indonesia, yaitu pemberi hibah (grant making), organisasi perantara (intermediary), dan pelaksana atau penerima hibah (implementing), yang dilambangkan dengan tiga lingkaran berbeda warna.

Filantropi Indonesia sendiri adalah lembaga nirlaba dan mandiri yang dimaksudkan untuk memajukan filantropi di Indonesia agar bisa berkontribusi dalam pencapaian keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan. Filantropi Indonesia dimaksudkan untuk memajukan kepentingan para pelaku filantropi, baik yang berasal dari sektor pemberi, pengelola/penyalur/perantara, maupun penerima bantuan, atas dasar prinsip kemitraan, kesetaraan, keberagaman, keadilan, universalitas filantropi dan kebangsaan Indonesia.

Filantropi Indonesia bukan penyalur dana atau pemberi hibah, namun kami mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung perkembangan sektor filantropi di Indonesia.

GAGASAN PENDIRIAN FILANTROPI INDONESIA ADALAH:

  • Bahwa menghargai, mencintai dan menolong sesama manusia telah menjadi naluri dasar setiap manusia sebagai makhluk sosial. Semua ajaran agama pun menganjurkannya. Dari khasanah kebudayaan berbagai suku dan kelompok masyarakat di Indonesia, kita juga belajar bahwa kedermawanan sosial atau filantropi, telah lama menjadi unsur perekat yang menjaga keutuhan dan keharmonisan suatu komunitas.

  • Bahwa sebagian masyarakat di Indonesia telah mencapai kemajuan ekonomi yang luar biasa. Namun disisi lain kesenjangan sosial dan ekonomi antar manusia dan antar komunitas juga semakin besar.

  • Bahwa potret buram persoalan sosial dan lingkungan di Indonesia dewasa ini membutuhkan filantropi sebagai potensi yang ada pada diri manusia dan khususnya bangsa Indonesia, untuk ditransformasikan menjadi sesuatu yang lebih berarti.

  • Bahwa upaya mengembangkan potensi filantropi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia tidak mungkin dilakukan oleh orang-perseorangan, maupun oleh satu dua kelompok atau organisasi saja. Tantangan masalah yang terlalu besar, belum adanya infrastruktur kelembagaan dan kebijakan yang mendukung, semua itu mendorong perlu adanya usaha-usaha yang efektif dan terarah dari berbagai komponen pelaku dan pendukung filantropi di Indonesia untuk menghimpun, menyatukan dan memperkuat gerak langkah bersama masyarakat sipil dalam menghadapi tantangan pembangunan sosial, kemanusiaan dan lingkungan di negeri ini.

#
Filantropi Indonesia adalah perkumpulan organisasi dan individu pegiat filantropi yang mandiri dan bertujuan untuk memajukan filantropi agar dapat berkontribusi dalam pencapaian keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

SEKRETARIAT

Alamat
Jl. Gunung Sahari VI No. 38
Jakarta Pusat 10720 Indonesia

Telepon
+62 21 6287454
+62 21 6287218

Fax
+6221 6296255

E-mail
info@filantropi.or.id

SITEMAP

  • Tentang Kami
  • Keanggotaan
  • Program
  • Khazanah
  • Kabar
  • Event
  • IDID
  • ENEN
  • Peta Situs

DIDUKUNG OLEH

© 2023 PERHIMPUNAN FILANTROPI INDONESIA - SOME RIGHTS RESERVED

Creative CommonsAll our content may be republished or reused for free, except for most photographs, illustrations, and videos.