Dukung Pemerintah Hadapi COVID-19, Tanoto Foundation Donasi ke BNPB

Dukung Pemerintah Hadapi COVID-19, Tanoto Foundation Donasi ke BNPB

Dukung Pemerintah Hadapi COVID-19, Tanoto Foundation Donasi ke BNPB

Jakarta — Tanoto Foundation, organisasi filantropi yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi para dokter dan tenaga kesehatan di Indonesia yang berjuang sebagai garda terdepan dalam merawat dan memastikan kesembuhan para pasien COVID-19. APD saat ini menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi para tenaga medis untuk memastikan mereka dapat menjalankan tugas dan melindungi diri dari risiko penularan COVID-19.

Menanggapi kebutuhan tersebut, Tanoto Foundation memberikan bantuan berupa 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 3.000 kacamata dan 100.000 baju pelindung ICU dan non-ICU bagi tenaga kesehatan, dan diserahkan secara langsung kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo pada 7 April 2020. Selanjutnya, bekerja sama dengan BNPB, bantuan tersebut didistribusikan kepada berbagai rumah sakit di Jakarta, Medan, dan Pekanbaru.

“Tanoto Foundation terpanggil untuk turun tangan membantu para dokter dan tenaga kesehatan yang berisiko terpapar langsung COVID-19, dengan menyumbangkan alat pelindung diri, yang merupakan kebutuhan penting pada masa tanggap darurat ini. Di mata kami, kerelaan dan keberanian mereka adalah wujud nyata tindakan kepahlawanan sesungguhnya pada masa-masa sulit ini. Kami yakin bahwa kita bisa menghadapi ini semua. Doa kami untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo.

Pada kesempatan yang sama, Doni menyampaikan terima kasih atas dukungan Tanoto Foundation kepada penanganan COVID-19. Doni mengatakan bahwa APD masih sangat dibutuhkan para tenaga kesehatan. Ini merupakan sumbangan berharga bagi Gugus Tugas, khususnya para tenaga kesehatan.

“Kami menyadari bahwa tenaga medis yang bekerja menanggulangi penyebaran COVID-19 sangat membutuhkan alat-alat pelindung diri yang memadai sehingga mereka dapat bekerja secara maksimal,” ujar Doni.

Satrijo Tanudjojo menambahkan bahwa untuk mendatangkan alat-alat tersebut dari pabrik di luar negeri sampai ke Indonesia, terkendala oleh keterbatasan supply chain dari sisi transportasi dan pengiriman kargo, sehingga Tanoto Foundation menyewa pesawat (carter) khusus untuk menerbangkan alat-alat tersebut dengan cepat dari pabrik di Tiongkok sampai lanud Halim Perdanakusuma pada hari Kamis (2/4) dan Jumat (3/4). Untuk sisa bantuan sebesar 30 Ton lagi, Tanoto Foundation juga sudah menyewa pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300 dan diharapkan akan tiba di Jakarta pada 11 April 2020.

“Semua ini dapat berjalan cepat dan lancar berkat kerja sama dan dukungan yang sangat baik dari pemerintah serta instansi terkait. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan-rekan BNPB, Kementerian Perhubungan, Bea Cukai, Avsec Lanud Halim Perdanakusuma, rekan-rekan TNI AU dan Garuda Indonesia yang telah bekerja keras membantu kami dalam memastikan pesawat tersebut tiba di Indonesia dan membantu menurunkan barang-barang dari pesawat, melakukan disinfektasi dan memastikan alat-alat tersebut dapat sampai di tanah air.”

Tanoto Foundation berharap kedatangan alat-alat pelindung diri bagi tenaga medis ini dapat segera membantu kita semua dalam menanggulangi pandemic COVID-19 di Indonesia.

Dalam menyediakan dukungan ini, Tanoto Foundation bekerja sama dengan RGE Indonesia, kelompok perusahaan manufaktur global berbasis sumber daya alam.

Ikuti perkembangan kegiatan di: Twitter Tanoto Foundation