Detail Repositori

Kode Etik Filantropi Media Massa

Tanggal Publikasi : 15 Desember 2024

Sumber : Perhimpunan Filantropi Indonesia

Jenis Dokumen : Pedoman

Telah didownload sebanyak 0 user
File Size: 550 KB

Deskripsi

Aktivitas media massa dalam menggalang, mengelola dan menyalurkan kedermawanan sosial masyarakat (filantropi) merupakan perwujudan dari kepedulian sosial serta bagian dari fungsi dan peran sosial mediamassa. Karena hal ini berkaitan dengan kredibilitas mediamassa, maka aktivitas ini harus dilakukan degan cara-cara yang baik, benar, transparan, akuntabel, serta penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, dirumuskan dan disepakatilah Kode Etik Filantropi Mediamassa sebagai perwujudan tanggung jawab kepada masyarakat, penyumbang, mitra dan diri sendiri.

Fungsi utama kode etik ini adalah pedoman umum, rujukan, dan instrumen edukasi bagi Pengelola Sumbangan Masyarakat di Mediamassa dalam penggalangan/penerimaan, pengelolaan, serta penyaluran sumbangan masyarakat. Selain itu, kode etik ini juga berfungsi sebagai regulasi internal yang mengikat bagi praktisi media saat menjalankan kegiatan filantropi.

Repositori Terkait

cover-buku-SDGs-web-800x600
BERBAGI & BERKOLABORASI UNTUK SDGS – Panduan Praktis Implementasi SDGs Sektor Filantropi
sdgs
Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi – Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs)
cover-4C-wings-800x600
MENGGUNAKAN 4C: Mengevaluasi dukungan profesional untuk filantropi
cover-potensi-filantropi-wings-800x600
Menyingkap Potensi Filantropi