Komunikasi & Kemitraaan

Secara umum, pilar Komunikasi dan Kemitraan berfokus untuk mengembangkan jaringan kemitraan yang berkelanjutan antara organisasi filantropi dengan berbagai sektor pemangku kepentingan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk itu, strategi komunikasi yang efektif sangat diperlukan untuk mendorong terbentuknya kemitraan multi-pihak (multi-stakeholders partnership).  Selain itu, tujuan lain dari pilar ini adalah untuk mempromosikan Filantropi Indonesia secara lebih luas, baik profil organisasi maupun program-programnya.

Adapun kegiatan  yang selama ini berjalan terkait Komunikasi dan Kemitraan antara lain:

  1. Filantropi Indonesia Festival (FIFest)
    Semenjak tahun 2016, Filantropi Indonesia mulai menggelar Filantropi Indonesia Festival setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini menjadi media untuk menyebarluaskan  informasi perkembangan dunia filantropi di Indonesia secara lebih luas. Kegiatan ini tidak hanya menampilkan pameran kegiatan filantropi dari lembaga filantropi tetapi juga terdapat forum-forum berbagi ilmu terkait dunia filantropi
  2. NEXT GENEROUSion Festival 2019
    NEXT GENEROUSion Festival bertujuan untuk memfasilitasi sekaligus mempromosikan berbagai kegiatan filantropi anak muda yang tengah marak dan berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Peran dan keterlibatan anak muda, khususnya kaum milenial, dalam kegiatan filantropi perlu didorong karena mereka berpotensi untuk menjadi donatur, relawan, dan pendukung kegiatan filantropi di masa depan. Berbagai aktivitas akan disajikan dalam festival ini seperti Selasar Filantropi Muda (pameran), Panggung Inspirasi Filantropi (talkshow), Bedah Aksi dan Solusi, Digital Fundraising Campaign: PEDOELI INDONESIA, Pojok Donasi, kompetisi sosial, serta proyek sosial antar pelajar SD-SMA di Jabodetabek dan sekitarnya.
    Laporan kegiatan NEXT GENEROUSion Festival dapat diunduh [DISINI]
  3. PEDOELI INDONESIA
    PEDOELI INDONESIA (Pekan Donasi Online Indonesia) adalah kampanye dan aksi penggalangan donasi secara online yang dilakukan secara serentak. Kampanye sosial tersebut telah melibatkan berbagai lembaga filantropi, perusahaan, dan publik untuk membantu mengatasi masalah sosial di Indonesia.
    Sekilas tentang PEDOELI Indonesia dapat dilihat di Instagram @pedoeli.id