Philanthropy in Indonesia – Studi dari Philanthropy for Social Justice and Peace (PSJP)

Philanthropy in Indonesia – Studi dari Philanthropy for Social Justice and Peace (PSJP)

Philanthropy in Indonesia – Studi dari Philanthropy for Social Justice and Peace (PSJP)

Laporan yang disusun oleh Philanthropy for Social Justice and Peace (PSJP) dari tahun 2016, untuk meninjau keadaan filantropi saat ini di negara-negara berkembang dan peran filantropi sedang dimainkan di dunia saat ini. Laporan ini adalah laporan kelima dari penelitian ini. Sebelumnya sudah terdapat deretan laporan seperti Philanthropy in India (terpublikasi pada Oktober 2017), Philanthropy in Russia (Januari 2018), Philanthropy in the Arab Region (Maret 2018) dan Philanthropy in Brazil (Mei 2018).

Seperti laporan lainnya, ini bukanlah survei statistik skala penuh filantropi di Indonesia. Tujuan laporan untuk menyoroti perkembangan saat ini, hambatan, dan kemungkinan filantropi di Indonesia, terutama menyoroti inovasi dan inisiatif baru. Dalam penelitian yang ada, terdapat hal untuk mempromosikan, mendukung atau memperkuat berbagai bidang filantropi di negara ini. Area yang dicakup meliputi berbagai bentuk pemberian oleh orang kaya, termasuk filantropi perusahaan dan yayasan keluarga yang terlihat pada pertumbuhan perusahaan sosial dan dampak investasi. Menariknya, filantropi berbasis agama dan filantropi media juga memberikan potensi untuk filantropi bersifat keadilan sosial.

Dipublikasi oleh Philanthropy for Social Justice and Peace dan ditulis oleh Caroline Hartnell, laporan ini sebagai hasil kerjasama dengan Alliance, Filantropi Indonesia, Indonesia for Humanity dan WINGS. Ringkasan laporan tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Jika ingin mengomentari temuan atau terlibat dalam percakapan tentang laporan ini, silakan hubungi di info@psjp.org.

Kunjungi: Philanthropy in Indonesia untuk meninjau laporan tersebut.

Bagikan:

Filantropi Indonesia

Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) adalah lembaga nirlaba dan mandiri yang dimaksudkan untuk memajukan sektor filantropi di Indonesia agar dapat berkontribusi terhadap pencapaian keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan.