Senior Operations Manager

Kirim lamaran sebelum 30 April 2025

Bagikan Lowongan Pekerjaan

Deskripsi Pekerjaan

Bekerja sama dengan Direktur Eksekutif, Senior Operations Manager akan memberikan kepemimpinan untuk tim operasional sehari-hari (keuangan, sumber daya manusia, administrasi dan umum) Sekretariat Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) termasuk pengawasan, tata kelola kontrak kerja sama, pemantauan kepatuhan aktivitas, operasional kantor, pengelolaan keuangan, dan proses pengadaan. Menangani tugas khusus (special projects) sesuai dengan kebutuhan
organisasi.
Senior Operations Manager melapor langsung kepada Direktur Eksekutif.
Secara keseluruhan, peran Senior Operations Manager adalah mendukung Direktur Eksekutif dalam memimpin dan mengelola organisasi dan memastikan bahwa semua aktivitas selaras dengan misi dan tujuan organisasi.

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Mengawasi operasional sehari-hari (keuangan, sumber daya manusia, teknologi informasi, administrasi dan general affairs), termasuk perencanaan dan pengendalian anggaran, administrasi kepegawaian, fasilitas dan keamanan Sekretariat PFI.
  2. Mengkoordinasikan, melaksanakan dan memantau operasional organisasi berdasarkan rencana prioritas PFI serta special projects termasuk pengembangan dalam membangun, mengoperasikan, dan manajemen infrastruktur IT seperti Philanthropy Learning Platform, Philanthropy Directory, dan Philanthropy Impact.
  3. Merekomendasikan dan membantu penerapan kebijakan dan prosedur internal serta menafsirkan dan menerapkan kebijakan/prosedur organisasi.
  4. Memastikan kepatuhan terhadap kebijakan/prosedur organisasi dan peraturan pemerintah; penggunaan personalia, material, ruang, dan peralatan secara efektif.
  5. Bekerja sama dengan bawahan langsung/manajer lini untuk memastikan bahwa tanggung jawabnya dilaksanakan secara efektif dan konsisten.
  6. Mewakili organisasi pada rapat, konferensi, dan acara lainnya ketika Direktur Eksekutif tidak hadir atau berhalangan.
  7. Mengawasi aktivitas dan personalia pada fungsi keuangan/akuntansi untuk memastikan hasil keuangan tercermin secara akurat; mengembangkan rencana bisnis jangka pendek dan jangka panjang untuk organisasi, dan mengembangkan serta menerapkan metode dan prosedur untuk penyusunan laporan keuangan berkala dan hasil operasional, termasuk memastikan keakuratan rincian seperti entri jurnal, kas, aset, dan rekonsiliasi; dan bertanggung jawab atas strategi perpajakan dan perbendaharaan organisasi.
  8. Mengawasi fungsi sumber daya manusia sebagai berikut: Hubungan Karyawan, Kompensasi dan Tunjangan, Manajemen Kinerja, Penggajian, Rencana Pengembangan Staf (Pelatihan), dan Pengembangan Organisasi.
  9. engkoordinasikan pengembangan dan peninjauan kontrak-kontrak yang mungkin melibatkan hibah donor, sewa, lisensi, pembelian, penjualan, asuransi, dll.
  10. Memastikan kepatuhan dan merekomendasikan perbaikan proses pengadaan secara efektif.
  11. Membantu Direktur Eksekutif dalam perencanaan & penganggaran tahunan dan mengkoordinasikan pelaksanaan & pemantauan secara erat dengan bawahan/manajer lini.
  12. Mengkonsolidasi, memonitor, memverifikasi progress dari KPI organisasi dan melaporkannya ke Badan Pengurus di minggu pertama setiap bulan.

Kualifikasi

  • Pendidikan minimum sarjana atau lebih tinggi di bidang terkait, seperti administrasi bisnis,
    manajemen, atau administrasi publik.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun di posisi kepemimpinan atau manajemen, lebih disukai di sektor korporasi, nirlaba dan/atau filantropi di Indonesia.
  • Memiliki pengalaman manajemen proyek dan manajemen tim tingkat tinggi, termasuk koordinasi keuangan, administrasi, logistik, pengadaan dan manajemen sumber daya manusia.
  • Berpengalaman dalam menyusun standar operasional prosedur dan laporan dengan menggunakan pendekatan konsultatif dan analitis.
  • Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat, dengan kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan anggota staf, pemangku kepentingan, dan pihak eksternal lainnya.
  • Keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang sangat baik, dengan kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan cepat dan efektif.
  • Keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang baik, dengan kemampuan melakukan banyak tugas dan memprioritaskan tugas secara efektif.
  • Rekam jejak yang terbukti dalam memimpin dan mengelola tim serta kemampuan memotivasi dan menginspirasi anggota staf.
  • Pengetahuan tentang teknologi informasi (IT) dan MS Office (Word, Excel, Power Point, Outlook).
  • Kemahiran dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Karakteristik

  • Berintegritas tinggi
  • Pemikiran strategis & analitis
  • Perhatian pada detail
  • Bisa bersinergi dalam tim
  • Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan & minimum supervisi
    Bisa cepat beradaptasi terhadap perubahan
Jenis Pekerjaan
Penuh Waktu
Departemen
Operasional
Lokasi
Indonesia

Lowongan lainnya

Posisi pekerjaan saat ini masih belum tersedia.