Philanthropy Learning Forum on SDGs – Bengkulu

Philanthropy Learning Forum on SDGs – Bengkulu

Philanthropy Learning Forum on SDGs – Bengkulu

SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan seperangkat tujuan universal, target, dan indikator dari agenda pembangunan yang disepakati di tingkat global. SDGs diharapkan dapat menanggulangi berbagai masalah global, termasuk menghapuskan kemiskinan dan kelaparan, memajukan kesehatan dan pendidikan, membangun kota-kota secara berkelanjutan, memerangi perubahan iklim serta melindungi lautan dan hutan. SDGs didukung oleh 193 negara anggota PBB dan digunakan untuk membingkai rencana pembangunan nasional negara-negara diseluruh dunia selama 15 tahun ke depan.

Keterlibatan lembaga filantropi dalam pencapaian SDGs bukan hanya berdampak pada optimalisasi program pada masyarakat, tapi juga peningkatan kapasitas lembaga filantropi. Melalui keterlibatannya dalam SDGs, organisasi filantropi bisa lebih mempertajam target sasaran programnya dengan mengacu pada target dan indikator SDGs. Lembaga filantropi juga bisa mengukur dampak dan kontribusi programnya pada pembangunan sosial dan pembangunan global. SDGs juga memberikan kesempatan kepada lembaga filantropi untuk mempromosikan program dan inisiatifnya ke level nasional dan global, serta memperluas jaringan dan menjajaki kemitraan dengan lembaga-lembaga filantropi nasional dan global.

Masih banyak lembaga filantropi terutama di daerah yang belum dapat memahami SDGs secara keseluruhan serta perangkatnya. Hal inilah yang mendorong Filantropi Indonesia bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu untuk mengadakan acara Philanthropy Learning Forum on SDGs dengan tema “SDGs Sebagai Tools Peningkatan Kapasitas dan Pengembangan Kemitraan”. Tujuan dari agenda ini adalah ingin memberikan pelatihan singkat guna memahami seluk beluk SDGs bagi lembaga filantropi lokal dan stakeholder-nya serta mencoba mencari persoalan apa saja yang mereka hadapi berkaitan dengan pemahaman SDGs dan mencari solusinya. Kegiatan tersebut akan diadakan pada:

Hari/tanggal         : Rabu, 1 November 2017

Pukul                    : 12.00 – 16.00 WIB (diawali dengan makan siang bersama)

Tempat                 : Gedung Djam’an Nur Pascasarjana IAIN Bengkulu

Tags:

Bagikan:

Filantropi Indonesia

Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) adalah lembaga nirlaba dan mandiri yang dimaksudkan untuk memajukan sektor filantropi di Indonesia agar dapat berkontribusi terhadap pencapaian keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan.

Leave your comments