Philanthropy Learning Forum on SDGs di Jambi

Philanthropy Learning Forum on SDGs di Jambi

Philanthropy Learning Forum on SDGs di Jambi

Jambi menjadi kota ketiga dalam rangkaian roadshow Philanthropy Learning Forum on SDGs di tujuh kota di Indonesia. Pada Kamis (19/10) yang lalu, Filantropi Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Mitra Aksi menyelenggarakan Philanthropy Learning Forum on SDGs di aula Bappeda Provinsi Jambi. Dengan mengangkat topik yang sama dengan kota-kota sebelumnya, yaitu ‘SDGs Sebagai Tools Peningkatan Kapasitas dan Pengembangan Kemitraan’, forum ini dihadiri oleh puluhan aktivis dan pegiat filantropi di kota Jambi.

Ada empat pembicara yang memberikan paparan dalam forum ini, yaitu Hamid Abidin, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Arifin Purwakananta, Deputi Baznas, Ade, perwakilan Bappeda Jambi, dan perwakilan Yayasan Mitra Aksi.

Dari paparan Ade, selaku perwakilan Bappeda Provinsi Jambi, diketahui bahwa pemerintah daerah sudah melakukan sosialisasi SDGs kepada seluruh jajaran dinas. Bahkan, pemerintah daerah, saat ini, berencana untuk membuat Rencana Aksi Daerah sebagai bagian dari implementasi SDGs di daerah. Walaupun demikian, diakui Ade bahwa, pemerintah daerah Jambi belum menyertakan lembaga sosial maupun lembaga filantropi di dalamnya. Melalui forum Philanthropy Learning Forum on SDGs ini, Bappeda mendapatkan masukan untuk menyertakan lembaga-lembaga tersebut dalam pembuatan Rencana Aksi Daerah.

Sebaliknya, dari paparan ketiga narasumber yang berasal dari lembaga filantropi tersebut semakin diketahui bahwa lembaga filantropi juga mempunyai andil yang besar untuk menyukseskan SDGs. Karena terbukti selama ini, tanpa melibatkan pemerintah pun, lembaga filantropi memberikan bantuan kepada masyarakat di berbagai daerah. Seperti bantuan pemeriksaan kesehatan, bantuan pendidikan, sampai bantuan advokasi hukum.

Forum di Jambi ini diakhiri dengan sinergi dan kolaborasi antara lembaga filantropi lokal dan pemerintah daerah Jambi. Beberapa peserta yang berasal dari organisasi non-profit juga saling bertukar informasi tentang apa yang sudah dilakukan dan peluang kolaborasi dengan aktor lainnya. Sebut saja, perwakilan dari Pundi Sumatera dan Setara Jambi.

Selain penyelenggaraan forum, Filantropi Indonesia juga mendapatkan kesempatan untuk siaran di radio lokal Jambi, bersama dua lembaga lokal, tentang apa itu SDGs dan apa yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk ikut berkontribusi.

Tags:

Bagikan:

Filantropi Indonesia

Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) adalah lembaga nirlaba dan mandiri yang dimaksudkan untuk memajukan sektor filantropi di Indonesia agar dapat berkontribusi terhadap pencapaian keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan.

Leave your comments