Perayaan tahun pertama Forum Komunikasi Filantropi dan Bisnis Indonesia untuk SDGs

Perayaan tahun pertama Forum Komunikasi Filantropi dan Bisnis Indonesia untuk SDGs

Perayaan tahun pertama Forum Komunikasi Filantropi dan Bisnis Indonesia untuk SDGs

Pada Kamis, 9 Maret 2017 yang lalu, bertempat di Indofood Tower, 10 asosiasi dan organisasi anggota Forum Komunikasi Filantropi dan Bisnis Indonesia untuk SDGs (FBI 4 SDGs) merayakan satu tahun terbentuknya Forum ini. Adalah pada Maret 2016 melalui rapat koordinasi dengan BAPPENAS yang menjadi awal dari lahirnya FBI 4 SDGs. FBI diprakarsai oleh empat organisasi: Filantropi Indonesia, KADIN, IGCN, dan IBCSD. Setelah satu tahun, forum ini berhasil melibatkan 10 organisasi dan asosiasi di dunia filantropi dan bisnis.

Bapak Franky Welirang yang adalah Ketua Badan Pengurus Filantropi Indonesia membuka perayaan ini dengan menyampaikan sambutannya. Setelah itu Bapak Gellwynn Jusuf, Deputi Menteri PPN/BAPPENAS Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, memberikan perkembangan terbaru mengenai Perpres SDGs serta mengajak FBI 4 SDGs untuk terus terlibat aktif dan meningkatkan kapasitas anggotanya. Bapak Gellwynn juga mengingatkan peran anggota-anggota FBI dalam penulisan Voluntary National Review (VNR) Indonesia yang akan dibawa ke PBB pada bulan Juli mendatang.

Selanjutnya Bapak Timotheus Lesmana sebagai Ketua FBI 4 SDGs menyampaikan beberapa informasi terkait pencapaian forum ini sejak dibentuknya tahun lalu dan rencana ke depan. Pak Timo mengatakan bahwa tiap-tiap kelompok kerja (best practice & SDG tools, deepening engagement MDGs to SDGs, advocacy and regulation, localization, awareness & socialization) sudah mulai mengerjakan tugasnya. Laporan dari tiap kelompok kerja juga disampaikan oleh masing-masing PIC. Ibu Erna Witoelar kemudian menambahkan penekanan terhadap pentingnya lokalisasi SDGs dan kerja sama dengan pemda setempat.

Akhirnya acara syukuran ini diakhiri dengan pemotongan kue ulang tahun, foto bersama dan makan siang. Pak Timo menyampaikan bahwa FBI 4 SDGs belum akan menambah jumlah anggotanya walau minat dari banyak bisnis cukup tinggi, namun akan fokus pada kinerja dari pokja yang sudah terbentuk dan penulisan VNR. Selanjutnya forum ini akan menyusun Rencana Aksi Nasional Filantropi dan Bisnis terkait SDGs di akhir bulan Maret.