Laporan Situasi Respon CEKAL Dompet Dhuafa #16: Disinfection Chamber yang Aman hingga Wakaf RS Container COVID-19

Laporan Situasi Respon CEKAL Dompet Dhuafa #16: Disinfection Chamber yang Aman hingga Wakaf RS Container COVID-19

Laporan Situasi Respon CEKAL Dompet Dhuafa #16: Disinfection Chamber yang Aman hingga Wakaf RS Container COVID-19

Dikutip dari press realease Laporan Situasi Respon CEKAL Dompet Dhuafa #16, sejak awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, Dompet Dhuafa membentuk Crisis Center Cegah Tangkal Corona (CCCTC). Pemasangan disinfection chamber (body chamber) gratis di berbagai area publik, merupakan salah satu program sebagai upaya untuk menangkal penyebaran virus ini. Dari target 1000 Bilik Cekal (Cegah Tangkal) Corona yang akan didistribusikan, sampai saat ini Dompet Dhuafa sudah masang 142 Disinfection Chamber di berbagai lokasi yang dibutuhkan seperti 98 Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan, 6 Fasilitas Pendidikan, 2 Masjid,18 Kantor Pelayanan Publik, 12 Fasilitas Umum, 5 Permukiman dan 1 di stasiun MRT. Selain itu, Bilik Disinfeksi DD dibuat oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dengan banyak UMKM, yang saat ini terdampak langsung karena lesunya ekonomi. “Bilik ini tidak dijual dan tidak dikomersialkan, tetapi di pasang secara gratis di area publik dan fasiltias layanan publik,” ujar drg. Imam Rulyawan. Dompet Dhuafa membangun bilik-bilik disinfeksi tersebut menggunakan dana kemanusiaan hasil donasi masyarakat dan lembaga yang peduli pada penanggulangan covid-19 dan masalah kemanusiaan lainnya.

Sementara itu, dukungan dari Dompet Dhuafa sebagai tanggap darurat COVID-19 sudah menyediakan hotline COVID-19 dan psikososial, penyemprotan desinfektan dengan total 1.215 titik (per 8/04/20), penyuluhan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bantuan logistik dan hygiene kit, layanan ambulance dan faskes siaga, kesiapan relawan kesehatan khusus COVID-19, penyusunan protokol pencegahan COVID-19 maupun layanan jenazah.

Jaringan RS Dompet Dhuafa dalam COVID1-9

Adapun program Dompet Dhuafa seperti “Wakaf RS Container COVID-19” dan “Wakaf Alkes untuk pasien COVID-19” sebagai mewujudkan fasilitas gawat darurat di bidang kesehatan sesuai standar dan berkelanjutan serta masih menerima donasi untuk turut mencegah penyebaran COVID-19 melalui disinfeksi sekolah, rumah sakit, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya yang dapat disalurkan seperti di gambar dibawah atau melalui ini.

Rekening Donasi COVID-19 Dompet Dhuafa