Yayasan Daarul Qur'an Nusantara

Mari Bersama Membangun Peradaban Qurani
  • 621 view(s)

Tentang Yayasan Daarul Qur'an Nusantara

Visi:
Membangun masyarakat madani berbasis Tahfidzul Qur’an untuk kemandirian ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan bertumpu pada sumber daya lokal yang berorientasi pada pemuliaan Al-Qur’an.

Misi:
-Menjadikan Tahfidzul Qur’an sebagai budaya hidup masyarakat Indonesia
-Mewujudkan kemandirian ekonomi, pangan, pendidikan, dan kemandirian teknologi berbasis Tahfidzul Qur’an
-Menjadikan Indonesia bebas buta Al-Qur’an
-Menjadi lembaga yang menginspirasi masyarakat untuk peduli dan berpihak pada kaum lemah melalui nilai-nilai sedekah
-Menjadi lembaga pengelola sedekah yang profesional, transparan, akuntabel, dan terpercaya.

Rapid Test dan Screening Pra Khitan Massal Bersama Ederra Indonesia


PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta bersama Klinik DAQU Sehat Magelang melaksanakan screening Rapid Test untuk 50 anak pada Kamis hingga Jumat (10-11/12). Selain memberikan Rapid Test, PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta juga menggelar aksi khitan massal untuk ke-50 anak tersebut pada Ahad (13/12) mendatang.

Program sosial kemanusiaan ini digelar atas kerja sama dengan Ederra Indonesia. Khitan massal ini diikuti penerima manfaat dari berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Sleman, Bantul, Purworejo, Kulonprogo, hingga Klaten.

Khitan massal akan diselenggarakan di Grha Tahfidz II Daarul Qur'an Yogyakarta, tepatnya di Jalan Nitikan Baru No. 14, Kota Yogyakarta. Sebelumnya, seluruh aktivitas program khitan massal diselenggarakan di bawah pengawasan Klinik DAQU Sehat Magelang dan telah mendapatkan izin dari Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Yogyakarta.

Program khitan massal bersama Ederra Indonesia ini menyasar anak-anak dan santri dari Rumah Tahfidz, Kampung Qur'an, dan dari jaringan program sosial dakwah PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta. Program ini dipilih karena melihat urgensi membantu anak-anak dari keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 secara ekonomi.

"Bismillaah, semoga program khitam massal bersama Ederra Indonesia bisa berkontribusi membantu keluarga Indonesia di tengah pandemi, untuk adik-adik para penerima manfaat semoga bisa bertambah semangat dalam belajar dan mengaji Al-Qur'annya. Berkah untuk kita semua, berkah untuk Ederra Indonesia. Aamiin," ujar Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta, Maulana Kurnia Putra. []

Bidang

  • Amal/ Karitas
  • Ekonomi
  • Kebencanaan
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Perdamaian dan Toleransi

TPB Nasional

  • 03. Kehidupan Sehat dan Sejahtera
  • 04. Pendidikan Berkualitas
  • 08. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  • 12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab

Program

  • Galang Kepedulian untuk Masyarakat Merapi  (Nov, 2020 - Jan, 2021)

    Daarul Qur'an

    Aktivitas Gunung Merapi naik dari WASPADA (Level II) menjadi SIAGA (Level III) pada Kamis, 5 November 2020. Warga terdampak yang tinggal di pengungsian pun semakin meningkat. Kebanyakan mereka adalah lansia dan anak-anak. Data terkini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang pada Senin (16/11) mencatat sebanyak 838 jiwa tersebar di sembilan titik pengungsian. Sebagian warga yang memilih mengungsi lantaran masih trauma dengan peristiwa erupsi pada 2010 silam yang memakan banyak korban jiwa. Sahabat DAQU dan para donatur, tentu ujian ini berat bagi warga yang terdampak. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih menerpa ini, mereka terpaksa harus tinggal di bedeng-bedeng pengungsian. Beberapa dari mereka bahkan mulai terserang penyakit. Tentu kepedulian kita sangat berarti untuk warga di sana. Saat ini kebutuhan mendesak di pengungsian adalah logistik seperti masker, hand sanitizer, vitamin C, makanan, kebutuhan bayi dan lain-lain. Mari bersama kita ringankan beban warga Merapi dengan Sedekah Terbaik! Semoga Allah berikan pula balasan terbaiknya untuk kita semua, Aamiin Allahumma Aamiin.

Kemitraan

  • Mitra Kami  (Jan, 2003 - Agu, 2030)

    Kami bekerja sama dengan berbagai jaringan perusahaan dan organisasi di seluruh dunia dalam pelaksanaan program-program berbasiskan Qur'an dan kemanusiaan. Daftar mitra kami: Paytren, CIMB Niaga Syariah, Pertamina Gas, PGN, Midtrans, Pos Indonesia, Horison Hotels Group, Enesis Group, YKK, Asuransi Jasindo, PT Amythas,