Perkumpulan untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat (PPKM)

#
Anggota

Perkumpulan untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat (PPKM)

PPKM atau ACE (Association for Community Empowerment) yang didirikan sejak 31 Agustus 1998 adalah organisasi nirlaba atau non profit yang bekerja melalui mitra dan aliansi strategis untuk memfasilitasi masyarakat yang miskin dan rentan dalam memenuhi memenuhi hak ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Dalam upayanya PPKM secara bersama-sama seluruh anggota dan masyarakat sipil lainnya meningkatkan akses dan kontrol terhadap sumber daya dan kebijakan publik. PPKM sejak awal berdiri berpengalaman mengembangkan program-program peningkatan mata pencaharian untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat marjinal dan perempuan dengan pendekatan yang menyeluruh dan berperspektif gender.

Program:

  • Program peningkatan keberdayaan masyarakat marjinal dan perempuan di Pangandaran, Jawa Barat, dengan dukungan Tanoto Foundation.
  • Program Bijak Dana Perempuan yang dilaksanakan atas kerjasama dengan GE Money ini ditargetkan untuk kelompok perempuan miskin di Jakarta Selatan, yakni di daerah Lenteng Agung dan Kebagusan.
  • Pemberdayaan kelompok perempuan melalui pengembangan lembaga keuangan sistem Grameen Bank di Jawa Timur (Tuban, Blora, Bojonegoro), Sulawesi Tengah (Suramana) dan Sulawesi Barat (Mandar) dengan dukungan dari Exxon Mobil Cepu Limited.
  • Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang dijalankan di 37 kabupaten/kota yang tersebar di 13 propinsi ini menjangkau lebih dari 5000 penerima manfaat dari berbagai kelompok ; petani, nelayan, masyarakat adat, miskin kota, miskin desa, LBGT, perempuan korban trafiking, buruh migrant dan pekerja anak. Dalam program yang didukung oleh Bank Dunia ini, PPKM-ACE bekerja bersama 24 lembaga lokal untuk mengisi kesenjangan program pengentasan kemiskinan yang dijalankan pemerintah dalam menjangkau kelompok yang paling terpinggirkan.
  • Program Survey Pasar (Market Survey) dan Pengembangan Pemasaran Digital untuk Perempuan Wirausaha Di Bojonegoro, Blora dan Jakarta. Program yang didukung oleh Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) ini fokus pada upaya pendampingan perempuan wirausaha untuk memperkuat dan memperluas jaringan pasar melalui pemanfaatan teknologi komunikasi

Visi: Memperkuat prakasa-prakasa masyarakat miskin dengan berpedoman pada kearifan local.

Misi: Membangun kapasitas masyarakat sipil untuk mengenali dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar.

Tanggal Bergabung: 27 Januari 2007 (Organisasi Pendiri)

Globe
Profiles:

Ingin menjadi bagian dalam jaringan keanggotaan Filantropi Indonesia?