REGISTRASI

Tujuan

  1. Menjadi wahana komunikasi dan konsultasi para pelaku filantropi dalam menghadapai dan mencari solusi terhadap masalah-masalah sosial-kemanusiaan dan lingkungan di Indonesia.
  2. Menjadi wahana komunikasi dan konsultasi para pelaku filantropi dalam menghadapi dan mencari solusi terhadap masalah-masalah sosial-kemanusiaan dan lingkungan di Indonesia.
  3. Menumbuh kembangkan sifat, semangat dan etik filantropi/kedermawanan sosial di berbagai kalangan dan lapisan masyarakat Indonesia melalui berbagai media dan sarana.
  4. Meningkatkan profesionalitas, akuntabilitas dan transparansi organisasi nirlaba/pelaku filantropi.
  5. Menumbuhkan rasa saling percaya, solidaritas dan kerja sama yagn sehat dan membangun diantara para pelaku dan lembaga filantropi di Indonesia.
  6. Menjadi mitra yang dipercaya oleh pemerintah dan sektor usaha dalam menjalankan pembangunan sosial-kemanusiaan dan lingkungan di tanah air.

 

Prinsip-Prinsip Filantropi yang Dikembangkan

  1. Filantropi memberikan akses kepada warga masyarakat yang memerlukan sumberdaya agar mereka dapat meningkatkan kemandirian mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Setiap pelaku filantropi menghargai keberagaman yang hidup dalam masyarakat : budaya, agama dan keyakinan, suku bangsa, cara pandang, dan lain-lain.
  3. Keadilan gender.  Filantropi yang dilaksanakan memperhatikan kebutuhan dan kecenderungan gender yang berbeda dan menempatkannya dalam perspektif kesetaraan.
  4. Universal dan non-partisan.  Filantropi tidak membeda-bedakan latar belakang penerima maupun pemberi dan dijaga agar tidak menjadi alat politik untuk kepentingan kelompok atau aliran tertentu.
  5. Kepentingan bangsa ditempatkat di atas kepentingan individu dan kelompok