REGISTRASI

UNICEF bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, organisasi-organisasi setempat, sektor swasta, dan masyarakat untuk melindungi hak-hak anak yang paling mendasar - dengan fokus utama pada mereka yang paling rentan.

Kesehatan & Gizi

Tingkat mortalitas balita di Indonesia telah berkurang, dan ibu yang meninggal karena masalah kehamilan juga semakin sedikit. Namun angka-angka tersebut masih terlalu tinggi, dan masih banyak ancaman kesehatan bagi mereka yang sebetulnya dapat dicegah. Kami bekerja untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan gizi, mendukung peningkatan kualitas layanan kesehatan, dan membantu para pimpinan di bidang perawatan dan kesehatan dalam mengambil keputusan tentang pengalokasian sumber daya.

Pendidikan Dasar Untuk Semua

Kami bekerja dengan Pemerintah Indonesia, pakar pendidikan, masyarakat setempat serta pihak lainnya demi memastikan agar lebih banyak anak-anak dapat menyelesaikan pendidikan sekolah, demi mendukung standar pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, dan demi mencari cara-cara inovatif untuk meningkatkan jumlah anak yang dapat memetik manfaat dari pembelajaran, baik di dalam ataupun luar ruangan kelas.

Perlindungan Anak

UNICEF bekerja sama dengan mitra dari berbagai kalangan untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia mendapatkan perlindungan penuh atas hak-hak yang dimilikinya, sesuai dengan standar internasional, dengan perhatian khusus kepada anak-anak yang rentan dan dalam risiko.

Memerangi HIV/AIDS

HIV dan AIDS merupakan potensi ancaman yang serius terhadap kesehatan dan kesejahteraan bagi banyak penduduk Indonesia, tapi sebagian besar dari mereka kurang mengetahui tentang isu tersebut. Kami bekerja untuk memastikan bahwa anak dan kaum muda mengerti risiko dari virus HIV, bagaimana cara melindungi diri mereka dari virus HIV, dan meningkatkan respek serta pengertian bagi mereka yang hidup dengan HIV dan AIDS.

Air & Kebersihan Lingkungan

Memastikan agar keluarga di masyarakat yang paling rentan dapat memperoleh air bersih dan sanitasi yang baik, dan agar mereka tahu bagaimana cara melindungi kesehatan melalui kebersihan yang efektif merupakan bagian-bagian penting dari pekerjaan UNICEF di Indonesia.

 

Sejarah Singkat UNICEF di Indonesia

©UNICEf/IDSA/history 01/archive

Sejak awal masa kemerdekaan, UNICEF tetap dianggap mitra Indonesia yang berkomitmen untuk memperbaiki hidup anak-anak dan wanita di seluruh nusantara. Prioritas awal UNICEF adalah memberikan pelayanan dan persediaan yang sangat diperlukan untuk memperbaiki kesehatan anak Indonesia dan keluarganya.UNICEF membantu Indonesia pertama kali pada 1948. Saat itu terjadi situasi darurat yang memerlukan penanganan cepat akibat kekeringan hebat di Lombok. Kerjasama resmi antara UNICEF dan pemerintah Indonesia dijalin pertama kali pada 1950.

Pada awal 1960an, UNICEF berkembang menjadi organisasi pembangunan yang lebih terkonsentrasi pada kesejahteraan anak daripada sekedar bantuan kemanusiaan. Pada 1962, UNICEF melaksanakan program gizi di 100 desa dari delapan propinsi.

© UNICEF/IDSA/history 02/archive

Selama 50 tahun, UNICEF memainkan peranan penting dalam membantu pemerintah memajukan hidup anak-anak dan wanita. Sekarang UNICEF berkarya di 12 kantor wilayah untuk membantu melaksanakan program di 15 propinsi yang mencakup lebih dari  20 juta orang Indonesia.Pada November 1966, Menteri Luar Negeri Adam Malik menandatangani perjanjian kerjasama UNICEF dan pemerintah Indonesia sesudah Indonesia bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Awalnya fokus kerjasama menitikbertakan kelangsungan hidup anak-anak. Baru kemudian fokus berkembang pada masalah-masalah lain yang menguntungkan kedua belah pihak.

Bersama dengan mitra-mitranya UNICEF berhasil membantu mengembangkan dan melobi adopsi Undang-undang Perlindungan Anak 2002. Undang-undang ini akan menjadi landasan  hukum bagi perlindungan hak anak.

Indonesia dan UNICEF menandatangani perjanjian kerjasama baru untuk Rencana Pembangunan Lima Tahun 2006-2010 yang terfokus pada enam program: Pendidikan, Kesehatan, Air dan Sanitasi, Memerangi HIV dan AIDs, Perlindungan Anak dan Keadaan Darurat. Kerjasama untuk tahun 2010 ditandatangi pada tanggal 12 Januari 2010.

 

Kontak kami di: jakarta@unicef.org