REGISTRASI

Voluntary National Review 2017 Indonesia 

Indonesia menjadi salah satu negara anggota PBB yang menyampaikan VNR-nya di High Level Political Forum di New York, Senin, 17 Juli yang lalu. Menteri PPN/Bappenas, Bapak Bambang Brodjonegoro, hadir untuk menyampaikan pidato singkat tentang pencapaian Indonesia dalam implementasi SDGs selama satu tahun kemarin. Berikut adalah dokumen VNR (dalam bahasa Inggris) yang disampaikan di HLPF 2017 dengan tema "ERADICATING POVERTY AND PROMOTING PROSPERITY IN A CHANGING WORLD".

UNDUH VNR INDONESIA 2017

Apakah Voluntary National Review mempromosikan kesadaran dan inklusif?

Untuk tahun kedua, Together 2030 telah melakukan survei untuk mengumpulkan bukti tentang kesadaran pemangku kepentingan, dan partisipasi dalam, perencanaan dan peninjauan nasional seputar Agenda 2030. Pada 2017, survei dilakukan dalam kemitraan dengan Universitas Newcastle. Survei tersebut menerima 461 tanggapan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk organisasi nasional, regional dan global. Survei persepsi ini menanyakan 20 pertanyaan secara total (walaupun tidak semua pertanyaan ditujukan kepada semua responden). Buku itu diterbitkan dalam tiga bahasa: Inggris, Spanyol dan Prancis, dan dibagi secara luas dengan milis masyarakat dan pemangku kepentingan dan melalui media sosial mulai 3 Maret sampai 24 Maret 2017.

UNDUH LAPORAN

Draf Final Voluntary National Review (VNR) TPB/SDGs 2017

Draf final laporan VNR ini dirumuskan melalui kerjasama berbagai pihak meliputi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, filantropi dan bisnis, serta akademisi dan pakar. Uraian pada draf final VNR mencakup analisis tren dan keberhasilan, tantangan dan cara mengatasinya, inovasi dan upaya penting pencapaian tujuan, emerging issues, dan pembelajaran. Draf final VNR untuk tujuh TPB/SDGs tersedia dalam PDF dan masing-masing dapat diunduh melalui tautan di bawah.

UNDUH DRAF

Buku Panduan SDGs dan PBB untuk Pemuda Pemudi

Partisipan dari kalangan pemuda yang mengikuti program magang UN Economic and Social Commission untuk Asia dan Pasifik (ESCAP) East and North East Asia menyiapkan sebuah publikasi berjudul 'UN and SDGs: A Handbook for Youth'. Buku pegangan ini berusaha untuk meningkatkan kesadaran tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) di kalangan anak muda. Sunyoung Hwang dan Jiwon Kim menyiapkan buku pegangan tersebut, yang memberikan pengantar sejarah pembangunan berkelanjutan, mengulas peran yang dapat dimainkan pemuda dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, dan mengenalkan tentang Perserikatan Bangsa-Bangsa.

UNDUH PANDUAN

INDEKS & DASBOR SDG

Pada tanggal 20 Juli, Sustainable Development Solutions Network (SDSN) dan Bertelsmann Stiftung meluncurkan Indeks dan Dasbor SDG - Laporan Global untuk memberikan rapor dan melacak kemajuan SDG dan memastikan adanya akuntabilitas. Laporan ini menunjukkan bagaimana para pemimpin dunia dapat memenuhi janji mereka dan mendesak semua negara agar tidak kehilangan momentum untuk reformasi yang penting. Dalam rangka mencapai tujuan ambisius, tindakan cepat dan komprehensif diperlukan dalam tahun-tahun pertama yang krusial dari pelaksanaan agenda global yang baru.

Peluncuran Indeks SDG mengumpulkan 150 orang diplomat PBB, akademisi, sektor profesional swasta, perwakilan nirlaba dan warga yang bersemangat untuk melihat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) menjadi kenyataan. Sebuah pesan dari Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah dipresentasikan pada acara tersebut oleh Bapak Thomas Gass, Asisten Sekretaris-Jenderal PBB untuk Koordinasi Kebijakan dan Urusan Antar-Agensi.

Buka website SDG Index

Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia

Desember 2016 - Kajian Indikator Lintas Sektor, oleh Badan Pusat Statistik

Untuk mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia, khususnya dalam memberikan gambaran tentang kondisi awal capaian sejumlah indikator SDGs, disusunlah publikasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan mengambil tema “Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia”. Publikasi ini menyajikan informasi tentang posisi pembangunan berkelanjutan Indonesia pada tahun 2016 sebagai acuan (starting point) dalam melihat kemajuan yang akan dicapai di masa mendatang. Publikasi ini diterbitkan sekaligus sebagai revisi terhadap publikasi sebelumnya, karena indikator SDGs yang dicakup dalam publikasi ini telah mengacu pada indikator SDGs yang sudah disepakati di level internasional.

UNDUH PUBLIKASI

UNDP Indonesia: Kemitraan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Ringkasan singkat ini menjelaskan mengenai latar belakang pembangunan di Indonesia dan peran UNDP sebagai salah satu mitra Filantropi Indonesia dalam pencapaian SDGs. Ada empat program utama yang direncanakan dalam periode 2016-2020 di Indonesia: 1) Mengurangi kemiskinan dan ketimpangan, 2) Mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, 3) Konsolidasi demokrasi dan akses keadilan, dan 4)  Dukungan keterlibatan Indonesia dalam isu-isu global dan kerjasama Selatan-Selatan.

UNDUH FILE

Mobilisasi Sumber Daya Swasta untuk Kepentingan Publik

UBS mengeluarkan white paper untuk Rapat Tahunan World Economic Forum 2017 mengenai bagaimana dana dan investasi dari sektor bisnis dan swasta seharusnya dipakai untuk mendorong pencapaian SDGs. Paper ini melihat beberapa kasus dimana terjadi kegagalan serta rekomendasi bagi para pembuat kebijakan untuk melibatkan penanaman modal swasta terhadap SDGs.

UNDUH FILE:https://goo.gl/oVP3M2

Target dan Indikator 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja indikator dan target dari 17 SDGs sebagai ukuran apakah organisasi Anda sudah menuju target dan indikator yang sama, silakan buka dokumen berikut mengenai "Report of the Inter-Agency and Expert Group on Sustainable Development Goals Indicators".

Unduh file: http://unstats.un.org/unsd/statcom/47th-session/documents/2016-2-IAEG-SDGs-Rev1-E.pdf


[LAPORAN] Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Semakin Terwujud: Cerita mengenai Implementasi tiap Negara dan Dukungan PBB

Publikasi ini memberikan wawasan mengenai berbagai aksi dan kemitraan untuk perkenalan dan pelaksanaan SDGs di tingkat negara. Alih-alih menjadi narasi komprehensif dari begitu banyak kegiatan yang berlangsung, laporan ini menyajikan potret yang menggembirakan dari 16 negara. Laporan ini berbicara tentang cara-cara agar pemerintah dapat memimpin implementasi SDG, mengidentifikasi titik masuk untuk mitra lain untuk juga memiliki dan terlibat dalam Agenda pembangunan, dan menyoroti bagaimana sistem pengembangan PBB dapat memainkan peran pendukung yang penting.

Unduh file: https://undg.org/wp-content/uploads/2016/07/UNDG_The-Sustainable-Development-Goals-are-Coming-to-Life_July2016.pdf


[JURNAL] PBB dan Komunitas Bisnis, out-sourcing atau crowding in?

Oleh: Barbara Adams

Jurnal ini melihat transformasi yang diperlukan di sektor keuangan yang akan mendorong implementasi yang sesuai dengan SDGs. Ia mencatat peran yang semakin besar untuk dimainkan oleh sektor swasta, karena sumber daya publik tidak akan cukup untuk memenuhi tuntutan keuangan dari 2030 Agenda, tetapi juga karena doktrin pertumbuhan-nol PBB yang telah dilaksanakan sejak tahun 1980-an. Barbara Adams menguraikan kesenjangan dalam pendanaan, fragmentasi, dan pintu masuk untuk sektor bisnis dalam bermitra atau mengerahkan pengaruh mereka.

Unduh file: https://www.globalpolicywatch.org/wp-content/uploads/2016/10/GPW13_2016_10_04.pdf